Rabu, 07 Juli 2010

Muslim Tampil Percaya Diri


Percaya diri adalah sebuah keadaan ketika kita yakin akan kemampuan dalam diri kita untuk menyelesaikan suatu masalah atau menjalankan suatu rencana yang kita miliki. Percaya diri akan muncul dan menjadi lebih terasa setelah kita mengetahui kelemahan yang ada dalam diri kita dan tahu bagaimana cara mengatasinya.

Sebagai seorang muslim agar menjadi lebih percaya diri kita harus :
1. pergunakan kelebihan kita
yaitu dengan menyadari kelebihan yang kita miliki. Coba tanyakan pada diri kita sendiri dan jawablah pertanyaan berikut ini :
- hal apa yang menjadi kelebihan saya? ( fisik, non fisik, sosial)
- hal apa yang dapat saya lakukan dengan cara yang istimewa, berbeda dari orang lain?
- hal apa yang ada pada saya yang tidak banyak dimiliki oleh orang lain?
- Dalam perjalanan hidup saya, apa yang telah saya capai, yang tidak bisa dicapai orang lain?
2. ambil kekurangan yaitu dengan mengenali kekurangan kita. Mengambil kekurangan seperti membuat peta diri kita dan menandai daerah berbahayanya. Kita dapat memandang diri kita secara objektif dan realistis.
3. selalu menikmati keadaan
Apapun keadaan yang menimpa kita selalu bisa bernapas dengan lega dan bisa menikmati keadaan yang terjadi di seputar kita dengan baik. Menikmati keadaan adalah hal yang penting. Beberapa orang yang tyerlalu serius biasanya lupa untuk menikmati hasil kesuksesannya dan terlalu berambisi untuk mengejar kesuksesan yang lain. Akibatnya, kebahagiaan yang dituju dari kesuksesannya itu tak kunjung dicapai. Khirnya, beberapa orang yang seperti ini untuk mengejar kesuksesan, tanpa pernah menikmati buha manis dari usahanya. Orang-orang seperti ini lah yang sering disebut workacholic atau gila kerja. Akibatnya, banyak dari mereka yang mengeluhkan kehilangan makna hidup atau mengalami krisis eksistensi diri.
Kebahagiaan “menikmati keadaan” dapat hadir karena kita memiliki keyakinan akan tujuan yang hendak kita capai dalam hidup. keyakinan akan tujuan ini digabuingkan dengan keimanan akan menghasilkan usaha yang maksimal dan juga kebahagian dalam berusaha itu.
4. Tenang dalam bertindak
Adanya ketenangan dalam bertindak akan menjadikan setiap langkah kita stabil dan mantap usaha apapun yang dilakukan telah diniatkan dengan baik dan benar sehingga langkah kita dimulai dengan tenang. Halangan apapunyang dihadapi, kita meyakini akan kekuatan usaha, doa, dan takdir sehingga halangan apapun tidak membuat kita lemah dan surut. Kekuatan pemaknaan menghasilkan ketenangan batin yang membuat kita dapat selalu merasa bahagia dan bersemangat dalam menjalani setiap detiknya.
5. satu kata dan perilaku
seseorang dikatakan memiliki integritas (keterpaduan0 saat semua perkataan sejalan dengan perbuatannya dan sebaliknya. Agar memiliki integritas seseorang harus memiliki prinsip yang mulia dan baik. Prinsip harus dijaga dan dilaksanakan. Prinsip itulah yang nanti menjaga kita ke dalam jalur yang benar
6. tampilkan sikap
perkembangan diri yang baik dipicu oleh kepedulian dan penanganannya atas hal-hal yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Seseorang yang memiliki kepekaan adalah pribadi yang ’hidup setiap saat dan menjadi bermanfaat”. Mereka memiliki sikap yang baik atas setiap kejadian dan menampilkan sikapnya itu dengan cara yang baik. Knows when to do what, knowing how to deal with whom in any situation.
7. aktif bertanggung jawab
kita menjadi manusia dewasa yang mampu menerima diri mengolah perbuatan. Demi menjaga pertanggungjawaban kita. Oleh karena itu kita harus hati-hati memilih keberadaan kita dan memilih aktivitas kita dan bagaiman cara melakukannya. Kita akan belajar untuk terus aktif dan sadar akan apa yang kita lakukan, katakana, dan pikirkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar